Friday, September 8, 2017

Menikahlah, Engkau Akan Kaya !!


Menikah adalah syariat Islam. Banyak hikmah di dalam pernikahan. Dalam kitab Lubabul Hadits ada satu hadits riwayat imam ad Dailami, Rasulullah SAW bersabda:
"Carilah olehmu rizki dengan menikah" (HR Imam ad Dailami).

Kalau kita mau meluangkan waktu sedikit saja memahami hadits diatas ini:
1. Nasehat Rasulullah saw yang memerintahkan kita mencari rizki Allah justru dengan jalan menikah.
2. Perintah Rasulullah saw dalam hadits tersebut itu untuk umum. Artinya tidak terkhusus bagi yang single atau yang belum menikah saja, namun bagi yang sudah menikah juga. 

Satu bukti ada kisah sahabat Rasulullah saw yg mengadu kepada beliau tentang keadaanya yg miskin. Kisah ini kalau kita pernah baca kitab tafsir, maka kita akan menjumpainya. Diantara kitab tafsir yang memuat hadits ini adalah : Tafsir Bahrul Ulum As-samarkandi, Addurrul mantsur imam suyuthi, Ruhul Bayan al-khalwati, Tafsir Al-aluusi, Tafsir Ayatil ahkam as-saayis.

"Seorang sahabat datang menemui Rasulullah salallahu'alaihi wassalam dan menceritakan tentang keadaannya yang miskin. Rasululllah tanpa berpikir panjang lalu menyuruh laki-laki itu untuk menikah. Lalu laki-laki itu pulang dengan hati senang dan dengan kemantapan hatinya dia pun menikah. 

Sekian lama laki-laki itu pun datang kembali kepada Rasulullah dan mengadukan nasibnya. "Ya Rasulullah saya sudah menikah sebagaimana yang Engkau perintahkan, namun kenapa aku tetap miskin?"

"Menikahlah lagi", jawab Rasulullah singkat. 

Laki-laki itu tak bertanya lagi karena ia percaya pada Rasulullah salallahu'alaihi wassalam. Sebab menurutnya tak mungkin Rasulullah yang demikian mulianya akan menjerumuskan ummatnya. Akhirnya laki-laki itu menikah lagi dengan gadis lain. 

Namun beberapa waktu kemudian laki-laki itu kembali menemui Rasulullah dan mengadukan kembali masalahnya, "Ya Rasulullah, istri saya sudah dua namun kenapa aku tetap saja miskin?"

Rasululllah kembali menjawab dengan singkat,
"menikahlah lagi!"

Bukan main senangnya laki-laki itu mendengar jawaban Rasulullah. Akhirnya dia menikah ketiga kalinya .Namun setelah beberapa lama keadaannya tetap saja miskin dan tidak berubah.

Dengan berat hati laki-laki itu kembali menemui Rasulullah.
"Ya Rasulullah, Engaku telah menyuruhku menikah untuk ketiga kalinya, tetapi aku tetap saja miskin dan miskin. Sekarang apa yang harus kulakukan agar aku bisa keluar dari kemiskinanku?" kata laki-laki itu. Rasulullah hanya menjawab, "Menikahlah kembali".

Akhirnya laki-laki itupun menikah keempat kalinya. Dan benar apa yang dikatakan Rasulullah, ternyata setelah pernikahan yang keempat ini kehidupannya mulai berubah. Istri keempatnya ternyata membawa berkah. Kepandaiannya menenun ia mengajarkan kepada 3 madunya. 

Akhirnya usaha tersebut dibawah naungan suaminya membawa keuntungan dan keberhasilan, Usaha yang semula kecil-kecilan berangsur pelan menjadi besar dan mampu mencukupi kebutuhan keempat istrinya. Singkat cerita mereka menjadi kaya raya.

Sedemikian luar biasa hikmah menikah. Terutama Poligami. Dalam Islam Poligami diperbolehkan. Jika merujuk kepada kisah di atas. Poligami memiliki manfaat yang luar biasa.


***

“Patuhilah Allah dalam apa apa yang Dia telah perintahkan padamu untuk menikah. Dia akan memenuhi janjiNya untuk membuatmu kaya.”
(Abu Bakar Ash Shiddiq)

“Carilah kekayaan lewat pernikahan! aku tidak pernah melihat sesuatu yang lebih aneh daripada seorang laki laki yang tidak mencari kekayaan lewat pernikahan. Padahal Allah telah menjanjikan “…Jika mereka miskin, maka Allah akan mengumpulkan mereka dengan karuniaNya“
(Umar bin Khattab)

“Temukanlah kekayaan dengan menikah.”
(Abdullah bin Mas’ud)

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon