Saturday, September 16, 2017

Inilah Negara yang Mengkriminalkan Pelaku Poligami

Di negara-negara yang berpenduduk mayoritas muslim, poligami legal atau boleh dilakukan. Bahkan negara mengatur tentang bagaimana berpoligami dalam perundang-undangan.

Namun tahukah kamu, kebanyakan negara di dunia ternyata melarang poligami. Dari 200 negara didunia. Hanya 58 negara yang mengizinkan poligami. Sisanya melarang poligami. Tidak hanya melarang, bahkan sejumlah negara mengkriminalkan pelaku poligami. Apabila didapati melakukan poligami, akan dijatuhi hukuman. Meskipun sudah mendapat izin dari istri pertama.



Di Kanada misalnya, poligami adalah pelanggaran hukum atau ilegal. Menikah dengan status masih menikah juga ilegal.

Di Amerika Serikat,  poligami sudah dilarang di 50 Negara Bagian. Namun masih ada kelompok kecil dari aliran gereja fundamentalis (semacam aliransempalan dalam agama Kristen), yang masih melakukan poligami di Amerika Serikat. Muslim di Amerika Serikat pun masih melakukan poligami secara informal. Diperkirakan 50 Ribu sampai 100 Ribu muslim di Amerika Serikat menjadi bagian dari praktik poligami.

Dan hampir semua negara-negara barat melarang poligami. Di sebagian besar negara eropa, bila melakukan poligami ataupun menika dengan status masih menikah, bisa dikenai hukuman penjara.

Uniknya, di negara-negara dimana poligami dilarang, 'Serial Monogami' banyak dilakukan. Mereka melakukan nikah-cerai-nikah lagi dengan pasangan yang berbeda-beda. Sampai berkali-kali.

Legality of polygamy
Description
English: A SVG map with the laws of polygamy worldwide
   Polygamy is legal
   Legal status unknown
   Polygamy is only legal for Muslims
   Polygamy is illegal, but practice is not criminalised
   Polygamy is illegal and practice criminalised
Date12 January 2016
SourceOwn work
Author92slim
Sumber : Wikipedia

Dari data wikipedia di atas, bisa dilihat bahwa di negara-negara yang ditandai dengan warna biru muda. Praktik poligami di izinkan, Meliputi negara-negara Asia dan Afrika. terutama negara-negara dengan penduduk mayoritas muslim.

Negara yang ditandai dengan warna hijau, yakni India, Srilanka, Malaysia, Singapura dan Filipina. Poligami diizinkan hanya untuk penduduk Muslim.

Di negara yang ditandai dengan warna biru tua. Praktik poligami dilarang. Namun apabila dilakukan, tidak dianggap kriminal. antara lain Rusia dan Afrika Selatan.

Poligami dilarang dan pelakunya dikriminalkan di negara-negara yang ditandai dengan warna hitam. Meliputi seluruh benua Amerika dan sebagian besar Eropa, China, dan Australia.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon