Thursday, October 5, 2017

Ustadz Arifin Ilham Resmi Beristri Tiga



Informasi yang berkembang mengenai Ustadz Muhammad Arifin Ilham yang kembali menikah untuk ketiga kalinya tampaknya memang benar.
Seperti bisa dilihat pada video yang diposting di akun facebook resmi Ustad Arifin Ilham Rabu pada 4/10/2017
Pada video tersebut Ustadz Arifin sedang bersama tiga perempuan dalam satu ruangan.
Ustadz Arifin Ilham tampak memberikan tausiah kepada tiga wanita tersebut.

Dua wanita dalam video tersebut mengenakan cadar.
Seorang lagi mengenakan mukena tanpa cadar.

"Bersama 3 bidadari, putri Aceh, putri Yaman dan putri Sunda, janda 37 th dg 2 anak saat Liqo Tarbiyyah." Tulis da'i yang bersuara serak ini.

Beliau juga menulis sebuah tausiyah mengenai 
10 Pilar Keluarga Sakinah

Assalaamu alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuhu.

1. Memagari benteng rumah tangga dengan sungguh-sungguh berpegang teguh pada Al-Qur'an dan Assunnah,
2. Tujuan utamanya ridho Allah dan kebahagiaan akhirat,
3. Saling cinta benar-benar karena Allah sehingga memandang kekurangan pasanganpun adalah keistimewaannya, semakin lama pernikahan semakin sayang, manja dan mesra,
4. Ide dan aktifitasnya bekerja untuk saling melayani, melindungi dan menyenangkan keluarganya,
5. Makan dari rizky yang halal, dan halal pintu sakinah,
6. Kekuatannya saling mendoakan di penghujung malam,
7. Minimal sepekan sekali "tarbiyyah ahliyah" pembinaan keluarga dengan duduk bersama mengaji dan mengkaji Al-Qur'an dan Assunnah,
8. Segera minta maaf tatkala melakukan kesalahan,
9. Mensyukuri ni'mat Allah dengan senang berbagi sedekah,
10. Tawakkal yang penuh bahwa hanya Allah segala-galanya.

Muhammad Arifin Ilham

Dengan dikonfirmasinya berita bahwa beliau saat ini telah menikah lagi. Maka Ustadz Arifin Ilham resmi berpoligami dengan 3 istri.
****
Ustad Arifin Ilham selama ini dikenal telah memiliki dua istri. 
Istri pertamanya  berasal dar Aceh. Namanya Wahyuniati Al-Waly yang dinikahi pada tahun 1998
Dan istri keduanya bernama Rania Bawazier, yang di nikahi pada tahun 2010.
Keluarga ini tampak akur, dan sering terlihat bersama, bahkan tinggal serumah.
Di tahun 2017 ini Arifin Ilham kembali menikah lagi dengan Seorang Janda 2 anak.

Saturday, September 16, 2017

Inilah Negara yang Mengkriminalkan Pelaku Poligami

Di negara-negara yang berpenduduk mayoritas muslim, poligami legal atau boleh dilakukan. Bahkan negara mengatur tentang bagaimana berpoligami dalam perundang-undangan.

Namun tahukah kamu, kebanyakan negara di dunia ternyata melarang poligami. Dari 200 negara didunia. Hanya 58 negara yang mengizinkan poligami. Sisanya melarang poligami. Tidak hanya melarang, bahkan sejumlah negara mengkriminalkan pelaku poligami. Apabila didapati melakukan poligami, akan dijatuhi hukuman. Meskipun sudah mendapat izin dari istri pertama.



Di Kanada misalnya, poligami adalah pelanggaran hukum atau ilegal. Menikah dengan status masih menikah juga ilegal.

Di Amerika Serikat,  poligami sudah dilarang di 50 Negara Bagian. Namun masih ada kelompok kecil dari aliran gereja fundamentalis (semacam aliransempalan dalam agama Kristen), yang masih melakukan poligami di Amerika Serikat. Muslim di Amerika Serikat pun masih melakukan poligami secara informal. Diperkirakan 50 Ribu sampai 100 Ribu muslim di Amerika Serikat menjadi bagian dari praktik poligami.

Dan hampir semua negara-negara barat melarang poligami. Di sebagian besar negara eropa, bila melakukan poligami ataupun menika dengan status masih menikah, bisa dikenai hukuman penjara.

Uniknya, di negara-negara dimana poligami dilarang, 'Serial Monogami' banyak dilakukan. Mereka melakukan nikah-cerai-nikah lagi dengan pasangan yang berbeda-beda. Sampai berkali-kali.

Legality of polygamy
Description
English: A SVG map with the laws of polygamy worldwide
   Polygamy is legal
   Legal status unknown
   Polygamy is only legal for Muslims
   Polygamy is illegal, but practice is not criminalised
   Polygamy is illegal and practice criminalised
Date12 January 2016
SourceOwn work
Author92slim
Sumber : Wikipedia

Dari data wikipedia di atas, bisa dilihat bahwa di negara-negara yang ditandai dengan warna biru muda. Praktik poligami di izinkan, Meliputi negara-negara Asia dan Afrika. terutama negara-negara dengan penduduk mayoritas muslim.

Negara yang ditandai dengan warna hijau, yakni India, Srilanka, Malaysia, Singapura dan Filipina. Poligami diizinkan hanya untuk penduduk Muslim.

Di negara yang ditandai dengan warna biru tua. Praktik poligami dilarang. Namun apabila dilakukan, tidak dianggap kriminal. antara lain Rusia dan Afrika Selatan.

Poligami dilarang dan pelakunya dikriminalkan di negara-negara yang ditandai dengan warna hitam. Meliputi seluruh benua Amerika dan sebagian besar Eropa, China, dan Australia.

Monday, September 11, 2017

Kesalahan Poligami KH Arifin Ilham

KH Arifin Ilham bersama 2 Istrinya

Kesalahan Poligami

Muhammad Arifin Ilham
Assalaamu alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuhu.
SubhanAllah renungan bagi para sahabatku yg ingin berpoligami, sebaiknya kenali dulu diantara Kesalahan kesalahan POLIGAMI ini :
1. Sbg imam belum jadi teladan bagi keluarga.
2. Hanya maunya pada Sunnah poligami, sementara sunnah sunnah yg lain belum ditegakkan, seperti tahajjud, berjamaah di mesjid, selalu jaga wudhu dst.
3. Fisik yg kurang mumpuni, sakit sakitan, sakit kronis, sudah uzur, lemah biologis dsb
4. Rizki belum mapan, untuk keluarga satu saja sudah keteteran.
5. Menyakiti istri pertama dg menceraikan, ini kesalahan sangat fatal. Nafsu durjana namanya.
6. Miring sekali hanya asyik pada yg kedua, atau yg kedua disembunyikan terkatung katung.
7. Tidak pakai surat resmi KUA, apalagi nekat mempalsukan.
8. Tidak bertanggung jawab pada anak anak, or anak anak teracuhkan bahkan tersakiti sehingga menimbulkan dendam dan tromatik krn kelakuan bapaknya.
9. Mengawini saudari kandung istri.
10. Lebih dari empat.
Sekiranya belum siap, jangan paksakan diri, dari pada kemudian keluarga hancur, cerai, anak anak jadi korban nafsu durjana, lebih baik CUKUP SATU ISTRI SAJA BAHAGIA DUNIA AKHIRAT. Untuk apa poligami kalau hanya menghancurkan hakikat tujuan nikah yaitu "sakinah". Kedepankanlah iman dan akal yg sehat agar tidak menyesal dunia akhirat.
Semoga renungi ingin bermanfaat, sahabatku tercinta...aamiin.

***

Friday, September 8, 2017

Menikahlah, Engkau Akan Kaya !!


Menikah adalah syariat Islam. Banyak hikmah di dalam pernikahan. Dalam kitab Lubabul Hadits ada satu hadits riwayat imam ad Dailami, Rasulullah SAW bersabda:
"Carilah olehmu rizki dengan menikah" (HR Imam ad Dailami).

Kalau kita mau meluangkan waktu sedikit saja memahami hadits diatas ini:
1. Nasehat Rasulullah saw yang memerintahkan kita mencari rizki Allah justru dengan jalan menikah.
2. Perintah Rasulullah saw dalam hadits tersebut itu untuk umum. Artinya tidak terkhusus bagi yang single atau yang belum menikah saja, namun bagi yang sudah menikah juga. 

Satu bukti ada kisah sahabat Rasulullah saw yg mengadu kepada beliau tentang keadaanya yg miskin. Kisah ini kalau kita pernah baca kitab tafsir, maka kita akan menjumpainya. Diantara kitab tafsir yang memuat hadits ini adalah : Tafsir Bahrul Ulum As-samarkandi, Addurrul mantsur imam suyuthi, Ruhul Bayan al-khalwati, Tafsir Al-aluusi, Tafsir Ayatil ahkam as-saayis.

"Seorang sahabat datang menemui Rasulullah salallahu'alaihi wassalam dan menceritakan tentang keadaannya yang miskin. Rasululllah tanpa berpikir panjang lalu menyuruh laki-laki itu untuk menikah. Lalu laki-laki itu pulang dengan hati senang dan dengan kemantapan hatinya dia pun menikah. 

Sekian lama laki-laki itu pun datang kembali kepada Rasulullah dan mengadukan nasibnya. "Ya Rasulullah saya sudah menikah sebagaimana yang Engkau perintahkan, namun kenapa aku tetap miskin?"

"Menikahlah lagi", jawab Rasulullah singkat. 

Laki-laki itu tak bertanya lagi karena ia percaya pada Rasulullah salallahu'alaihi wassalam. Sebab menurutnya tak mungkin Rasulullah yang demikian mulianya akan menjerumuskan ummatnya. Akhirnya laki-laki itu menikah lagi dengan gadis lain. 

Namun beberapa waktu kemudian laki-laki itu kembali menemui Rasulullah dan mengadukan kembali masalahnya, "Ya Rasulullah, istri saya sudah dua namun kenapa aku tetap saja miskin?"

Rasululllah kembali menjawab dengan singkat,
"menikahlah lagi!"

Bukan main senangnya laki-laki itu mendengar jawaban Rasulullah. Akhirnya dia menikah ketiga kalinya .Namun setelah beberapa lama keadaannya tetap saja miskin dan tidak berubah.

Dengan berat hati laki-laki itu kembali menemui Rasulullah.
"Ya Rasulullah, Engaku telah menyuruhku menikah untuk ketiga kalinya, tetapi aku tetap saja miskin dan miskin. Sekarang apa yang harus kulakukan agar aku bisa keluar dari kemiskinanku?" kata laki-laki itu. Rasulullah hanya menjawab, "Menikahlah kembali".

Akhirnya laki-laki itupun menikah keempat kalinya. Dan benar apa yang dikatakan Rasulullah, ternyata setelah pernikahan yang keempat ini kehidupannya mulai berubah. Istri keempatnya ternyata membawa berkah. Kepandaiannya menenun ia mengajarkan kepada 3 madunya. 

Akhirnya usaha tersebut dibawah naungan suaminya membawa keuntungan dan keberhasilan, Usaha yang semula kecil-kecilan berangsur pelan menjadi besar dan mampu mencukupi kebutuhan keempat istrinya. Singkat cerita mereka menjadi kaya raya.

Sedemikian luar biasa hikmah menikah. Terutama Poligami. Dalam Islam Poligami diperbolehkan. Jika merujuk kepada kisah di atas. Poligami memiliki manfaat yang luar biasa.


***

“Patuhilah Allah dalam apa apa yang Dia telah perintahkan padamu untuk menikah. Dia akan memenuhi janjiNya untuk membuatmu kaya.”
(Abu Bakar Ash Shiddiq)

“Carilah kekayaan lewat pernikahan! aku tidak pernah melihat sesuatu yang lebih aneh daripada seorang laki laki yang tidak mencari kekayaan lewat pernikahan. Padahal Allah telah menjanjikan “…Jika mereka miskin, maka Allah akan mengumpulkan mereka dengan karuniaNya“
(Umar bin Khattab)

“Temukanlah kekayaan dengan menikah.”
(Abdullah bin Mas’ud)

Tuesday, August 29, 2017

Bikin Ngakak, Comic Bicara Poligami

Kali ini kita akan membaca tulisan tentang poligami sambil ngakak guling-guling (lebay 😅). Iyaa beneran, karena tulisan ini dibuat oleh seorang comic aka komika alias seorang standup comedi-an di wall facebooknya. Nama akun facebooknya Awan Gunawan. tapi dia menyebut dirinya Brad aka Brad Pitt. Selamat membaca dan selamat ketawa..

***

Fans : 'Brad, ngomongin poligami dong. Sekarang kan lagi happening banget temen2 artis lo pada cere gegara poligami'.
Brad Pitt : 'Ogah ah, males gue ngomongin poligami. Mendingan langsung praktek'.
Dan segala panci, piring, bon tagihan, langsung berseliweran dilempar ke arah muka gue yang tamvan.
...
Jadi Alloh Subhanahu wa Ta'ala berfirman di dalam Al-Qur'an, surat An-Nisa, ayat ke-3, yang artinya :
"Maka nikahilah wanita2 yang kamu senangi, dua, tiga, atau empat. Tetapi, jika kamu merasa takut kagak sanggup berlaku adil, maka nikahi satu saja".
Di ayat ini, gue melihat Alloh memberikan dua pilihan buat para suami, yaitu : silahkan berpoligami jika merasa sanggup berlaku adil, atau silahkan bermonogami jiga merasa takut kagak sanggup berlaku adil. Tinggal pilih.
Tapi seperti biasa, di setiap pilihan selalu ada resiko dan tanggung jawab.
Resikonya berpoligami, gue kagak tau, karena belom ada niat dan kesempatan. Sedangkan bermonogami, nah, ini nih yang mau gue ceritain.
...
Yang gue rasain, punya istri satu tuh resikonya gede banget gaes.
Salah satunya adalah, "dengan sangat terpaksa", setiap hari gue harus ketemu sama istri yang itu2 juga, dari mulai bangun tidur sampe mau diditurin.
Pas masuk kamar, buka pintu, ada istri. Pas mau tidur, buka selimut, ada istri. Pas lagi haus, buka kulkas, ada istri. Ini istri gue orang apa kampus BSI sih, ada dimana2 ?.
Karena setiap hari ketemu sama 4L, alias 'Lo Lagi Lo Lagi', akhirnya gue jadi akrab sama istri gue. Dari akrab, akrab, akhirnya ada rasa. Terus suka. Akhirnya nembak.
'Dinda mau gak, jadi istrinya Kanda ?'
Terus sambil malu2 gitu, istri gue menjawab, 'Pikir2 dulu'.
Setelah tiga detik pikir2, akhirnya kami pun menikah di dapur pas anak2 lagi pada sekolah.
Abis itu 4L, 'Lo Lagi Lo Lagi'.
Jadi akrab.
Ada rasa.
Terus suka.
Nembak.
Pikir2.
Nikah lagi, di dalem kulkas.
Abis itu 4L.
Teruuus aja begitu sampe kampus BSI buka frainchise.
...
Jadi, udah ya, gue mah kagak mau ngomongin poligami. Mendingan langsung prak....
"ziuuuppp....pranggg....klontranggg...deziggg....".
"Tiiinut tiiinut tiiinut...". *Ambulance.
...
Gue inget banget, di salah satu ceramahnya, Mr.Ahmad Deedat pernah bercerita bahwa Beliau memiliki seorang kawan berkebangsaan arab, yang ditanya oleh seorang pria barat.
"Hai Syeikh, lo kan orang Arab, orang Islam. Tapi kenapa kok istri lo cuma satu ?".
Sambil cekikikan, Syeikh tersebut menjawab.
"Brader, dalam islam kami para lelaki memang diperbolehkan menikahi lebih dari satu orang wanita. Tapi dilihat dulu, kondisi dan urgensinya. Karena sesungguhnya poligami adalah solusi Brader. Poligami adalah solusi buat para wanita lemah yang ditinggal mati suaminya karena perang, musibah atau apapun, agar tidak dihinakan. Poligami adalah solusi bagi para istri yang terkena penyakit parah, namun tetap ingin melayani suaminya melalui istri yang lain. Poligami adalah solusi buat and so on and so on".
"Ooo, jadi itu alasan kenapa lo cuma punya satu istri wahai Syeikh, karena belum urgent ?".
"Kacang".
"Maksud lo ?", tanya si Bule keheranan.
"Iyes. Kacang Iyes". *Wkwkwk !.
...
Soal kacang Iyes, itu karangan gue sendiri ya gaes. *Maapin Brad Pitt Syeikh, salim.
Tapi yang pasti, gue setuju sama yang Syeikh bilang bahwa, poligami adalah solusi. Dan solusi, itu dibutuhkan kalo ada masalah yang urgent.
Jadi pertanyaannya adalah, kalo kagak ada masalah yang urgent, terus ngapain gue mesti nikah lagi gaes ?.
...
Lekas sembuh Dinda. *Aamiin.

<Foto : FB Awan Gunawan>

***

Pembaca boleh ketawa boleh juga gak ketawa, boleh setuju boleh juga gak setuju. Jangan lupa tulis komentar kamu di kolom komentar. SIlahkan share di medsos kamu jika suka...

Penulis Buku ini Menolak Berpoligami

Pembaca mungkin sudah mengenal Fahd Pahdepie. Buku-buku nya tentang rumah tangga banyak diminati. Follower Facebooknya saat ini sudah mencapai 230 Ribuan. Namun postingan nya tentang poligami cukup mendapat perhatian netizen. Berikut Postingan nya yang viral tersebut.

***
Sumber : Facebook Fahd Pahdepie

RENCANA POLIGAMI?
Belakangan ini saya mulai sering mendapatkan komentar seperti di gambar ini. Mungkin terkait beberapa kasus yang belakangan ini marak terjadi. Hehehe 
Bagaimana pandangan saya tentang poligami? Saya punya pandangan pribadi tentang ini yang tak perlu saya jelaskan kepada teman-teman. Semua orang punya pemahaman tersendiri tentang masalah ini… Termasuk bahwa barang tentu semua orang punya konteksnya masing-masing.
Namun, sejak bertemu dengan seseorang yang memberitahu kepada saya bagaimana rasanya berada di tengah keluarga yang ayahnya berpoligami, sejak saat itu pula saya sudah menghapus kata itu dari benak dan hati saya. Sebutlah dia Si Eneng.
Ketika Si Eneng bercerita tentang betapa sakitnya menyaksikan ayah dan ibunya bercerai karena sang ayah berpoligami, saya mendengarkannya dengan saksama. Sebagai anak, ia berusaha objektif melihat persoalan itu, ia berupaya memandang positif apa yang dilakukan ayahnya, juga keputusan ibunya untuk mengakhiri hubungan rumah tangga yang mereka bangun lebih dari dua puluh tahun—karena merasa dikecewakan secara luar biasa.
Konon, hari-hari seteleh itu adalah tentang kebingungan dan kesedihan-kesedihan. Ia harus melihat bagaimana keluarganya berada dalam guncangan yang hebat karena masalah ini. Bagaimana sang ayah jadi kehilangan keseimbangan sekaligus navigasi. Bagaimana sang ibu harus menghadapi babak baru yang penuh dengan tekanan, kekecewaan, rasa malu, dan lainnya.
Juga bagaimana anak-anak di keluarga itu harus menanggung aneka konsekuensi dari keputusan yang mereka tidak terlibat di dalamnya… Dari mulai menyesuaikan diri dengan situasi keluarga yang tak lagi berjalan sebagaimana mestinya, hingga menghadapi gunjingan tetangga dan orang lain yang berusaha secara sok tahu dan sok mengerti masuk ke kehidupan mereka hanya untuk tersenyum sinis, tertawa, atau pura-pura peduli dengan mengatakan “Yang sabar ya, semua ini ujian” tanpa benar-benar tahu bagaimana rasanya hidup di dalam semua itu.
Di atas semua tafsir dan argumen tentang poligami, di luar apapun yang bisa dijelaskan tentangnya, bagi Si Eneng ini poligami lebih banyak mendatangkan madharat daripada manfaat. Lebih banyak membuat kekacauan daripada memunculkan kesetimbangan-kesetimbangn yang tak pernah benar-benar terjadi. Bagi Si Eneng, poligami memiliki efek dan dampak jangka panjang bagi psikologis anak-anak—seperi yang ia alami.
Anda boleh jadi tidak sependapat dan menolak argumen Si Eneng dengan pemahaman atau keyakinan Anda. Anda boleh berpikir bahwa Si Eneng mengarang belaka. Anda boleh merasa bahwa Si Eneng tidak mengerti hukum poligami.
Tetapi saya begitu percaya kepadanya. Saya meyakini apa yang dia ucapkan. Saya melihat sendiri bagaimana kesedihan dan kekecewaan itu mengubah hidup Si Eneng untuk selama-lamanya…
Sebab si Eneng adalah istri saya sendiri.

Jakarta, 27 Agustus 2017
FAHD PAHDEPIE

***
Bagaimana Pendapat pembaca? kamu boleh setuju atau tidak setuju. Silahkan berkomentar di kolom komentar. Kalo kamu suka postingan ini. Silahkan Share di sosmed kamu.



Salut, Pria Ini Punya 3 istri dan Tinggal Serumah



Namanya Fadil Muzakki, memilih hidup berpoligami. Ia memiliki 3 orang istri. Hebatnya lagi, ketiga istrinya tinggal satu rumah. Di cahnnel youtube nya. Fadhil buka-bukaan tentang keluarganya.

"Kepada semua kaum Adam yang ingin melakukan poligami. Pertama harus diingat didalam poligami itu pasti bahagianya bertambah, senengnya bertambah. Tapi fikiran, susahnya juga bertambah. Itu harus juga jadi pertimbangan. Jangan dipertimbangkan enaknya saja, tapi juga tidak enaknya harus dipertimbangkan. Enaknya siap, tidak enaknya juga siap." ujarnya.

Di bagian Komentar ia bertutur "menurut saya poligami yg saya lakukan bukan krn hanya mengikuti sebatas sunnah saja. tapi kepada bagaimana saya bisa mengendalikan hawa nafsu saya. dari pada beli kan mending nikah, agama tdk melarang dan hukum negara juga tdk melarang. selama mampu menafkahi lahir dan bathin lakukan saja."

Netizen pun bereaksi atas video ini. Baik yang pro maupun yang kontra. Tidak sedikit pula yang membully Fadil. Terutama kaum hawa. Namun fadil menaggapinya dengan ringan. 

Salah seorang netizen berkomentar "salut sama paara istri2 nya jujur saya wanita , membayangkan saja tak mampu jika harus berbagi , sebelum menikah saya sudah mengucapkan kepada suami saya kelak jika tiba kesuksessan ne jenengan , saya tidak mau dipoligami , jika takdir Alloh berkehendak lain , saya memilih hidup sendiri membesarkan anak2 saya.

Ada juga yang berkomentar "subhanalloh indahnya berbagi... saya jg siap jadi istri kedua.. calon suami saya jg sudah punya istri... insha alloh mantapkan hati jiwa hanya karena allah..."

Dijawab Fadil : "pro kontra biasa dalam dunia ini. hal mana yg tdk di pro kontrakan oleh manusia.Sholat saja ada pro dan kontrak kok, yg 1 bilang kok pakai kunnut, yg 1 nya bilang kok tdk pakai kunnut. jadi santai sanja. masalah adil, apa adil harus sama.? apa baginda nabi bisa adil kepada istri"nya.? klu tdk bisa kenapa baginda nabi yg tdk pernah salah ( krn selalu di ingatkan oleh allah lewat malaikat jibril berpoligami ) berpoligami.??? - Nabi berpoligami dengan janda janda tua, ingat dan perlu dipelajari lagi ttg sejarah nabi, baginda Nabi punya istri yg muda dan janda muda. - dan apa tujuan menikah? dari beberapa tujuan nikah salah 1nya adalah untuk bisa mengendalikan Nafsunya. lah klu menikah dengan janda yg sdh sangat tua mana mungkin bisa mengendalikan nafsunya."

Silahkan disimak video nya. Kamu boleh setuju atau tidak setuju. Jangan lupa berkomentar di kolom komentar. Kalo kamu suka postingan ini, silahkan share di medsos kamu.

Poligami Pendiri Muhammadiyah

H Ahmad Dahlan

Tulisan ini, Kami ambil dari situs fajaronline.com yang berjudul :
Heboh... Tokoh Pendiri Muhammadiyah Ternyata Amalkan Poligami, Begini Kisahnya...
Agak lebay judulnya. namun pada tulisan ini banyak informasi tentang poligami yang dilakukan tokoh Islam yang satu ini. Silahkan disimak

***

Sejumlah tokoh di negeri ini telah mengamalkan poligami. Meski begitu, ketokohan, kharisma, dan inspirasi dari mereka tetap lekat dan tak tergerus zaman. Salah satu tokoh yang mengamalkan poligami adalah pendiri Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan.

Praktik poligami yang dilakukan oleh Kiai Haji Ahmad Dahlan dikisahkan oleh Widiyastuti, salah seorang keturunan Kiai Dahlan melalui booklet yang berjudul “Kenangan Keluarga Terhadap KHA Dahlan dan Nyai Ahmad Dahlan" (2010). Widiyastuti adalah generasi ketiga Ahmad Dahlan dari Siti Walidah. Kini, ia merupakan salah satu Pengurus Majelis Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah.

Kiai Dahlan memulai kehidupan pribadinya sebagai seorang suami ketika menikahi Siti Walidah, putri dari Kyai Fadhil Kamaludiningrat, penghulu Kraton Yogyakarta pada tahun 1889 pada saat usianya 20 tahun. Siti Walidah sendiri pada saat itu berusia 17 tahun.

Siti Walidah yang kemudian dikenal dengan nama Nyai Ahmad Dahlan adalah seorang perempuan yang sangat cerdas. Sebagai putri seorang ulama dia juga mengalami masa pingitan sehingga dia tidak mengikuti pendidikan formal. Hal ini tidak dapat dilepaskan dari budaya masyarakat pada saat itu yang menganggap perempuan cukup di rumah dan tidak perlu belajar di luar rumah.

Namun, kecerdasan Siti Walidah tidak dapat dibendung karena ternyata menikah dengan Muhammad Darwis (nama kecil Kiai Dahlan), yang memberinya peluang mengembangkan diri. Pernikahannya dengan Siti Walidah ini menghasilkan 6 orang putra yaitu, Wahban, Sieradj, Siti Busyro, Siti Aisyah, Jumhan, dan Siti Zuharoh.

Setelah mendirikan Muhammadiyah, Kiai Dahlan menikah dengan tiga orang perempuan. Istri keduanya adalah Ray Soetidjah Windyaningrum atau Nyai Abdullah, janda muda yang diberikan Kraton kepada Kiai Dahlan. Menurut Widyastuti (2010), sebagai abdi dalem, tentunya Kiai Dahlan tidak dapat menolak pemberian Sultan, karena hal itu menandakan Sultan merestui pembaharuan yang dilakukan Dahlan yang berbasis di Kampung Kauman. Kampung ini merupakan basis ulama Kraton Yogyakarta.

Namun, istri kedua ini tetap bertempat tinggal di Namburan, tidak pindah ke Kauman. Kiai Dahlan dinikahkan oleh kakak Siti Walidah dengan Nyai Abdullah dengan tujuan untuk memberi warna Muhammadiyah di Kraton Yogyakarta.

Widyastuti (2010) juga mengisahkan bahwa Nyai Abdullah akhirnya diceraikan oleh Kiai Dahlan. Kisah perceraian inipun sangat unik, karena dilakukan melalui surat yang disampaikan oleh kakak Siti Walidah. Sayangnya, catatan Widyastuti tidak menjelaskan alasan perceraian tersebut.

Pada suatu saat, Kiai Dahlan berkunjung ke rumah Nyai Abdullah. Namun mantan istrinya ini bertanya, “Kenapa kiai kemari, bukankah saya sudah kiai ceraikan?”. Akhirnya Kiai Dahlan membatalkan kunjungan tersebut, karena pada saat itu mereka sudah tidak ada ikatan suami-istri. Melalui pernikahan dengan Nyai Abdullah, Dahlan dikaruniai seorang putra bernama R Dhurie Ray.

Nyai Ahmad Dahlan (Siti Walidah)


Selain Nyai Abdullah, Kiai Dahlan juga pernah menikah dengan Nyai Rum, adik dari salah seorang Kiai NU di Krapyak. Kiai NU tersebut meminta Kiai Dahlan menikahi adiknya, agar ada sinergitas gerakan antara NU dan Muhammadiyah. Namun, pernikahan ini hanya sekadar status saja, mereka kemudian bercerai tanpa meninggalkan keturunan.

Kisah pernikahan lain Kiai Ahmad Dahlan terjadi ketika ia melakukan perjalanan dakwah. Saat itu Kiai Dahlan singgah di Cianjur Jawa Barat. Seorang Penghulu Ajengan Cianjur (penghulu bangsawan) merasa kagum dengan kepandaian dan pemikiran-pemikiran Kiai Dahlan. Ia ingin menikahkan putrinya yang bernama Aisyah dengan Kiai Dahlan.

Penghulu Ajengan ini hanya menginginkan adanya keturunan dari Kiai Dahlan di Cianjur. Ia sama sekali tidak menuntut agar Dahlan bertempat tinggal di Cianjur setelah menikahi putrinya. Pernikahan keempat ini menghasilkan seorang putri bernama Siti Dandanah. Nyai Aisyah masih sangat muda ketika dinikahi oleh Kiai Dahlan, yaitu berusia 15 tahun.

Kiai Haji Ahmad Dahlan sangat memahami bahwa poligami akan sangat menyakiti perempuan. Meskipun Nyai Walidah tidak pernah melarangnya untuk menikah lagi, namun Kiai Dahlan sangat menjaga perasaan istri pertamanya, dengan tidak menempatkan istri-istrinya itu dalam satu rumah.

Poligami yang dilakukan oleh Kiai Dahlan memang sebuah fakta sejarah. Namun, yang harus dipahami adalah alasan dilakukannya poligami tersebut. Ahmad Dahlan tentunya punya pertimbangan matang sebelum memutuskan menikah lagi. Selain sudah disetujui oleh Siti Walidah selaku istri tertua, ketiga pernikahan dilakukan atas dasar dakwah sekaligus sebagai bentuk penghargaan terhadap permintaan orang-orang yang ia hormati. (*/fajaronline.com)

Author : Indra

Monday, August 28, 2017

Inilah 9 Istri Presiden Soekarno

Pembaca, Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno adalah seorang pelaku Poligami. Tidak banyak yang tahu, Soekarno memiliki 9 orang istri dan 10 orang anak. Soekarno, dikenal sebagai seorang pria karismatik nan flamboyan, sehingga tidak mengagetkan kalau beliau memiliki 9 istri, mulai dari ibu kostnya sewaktu masih kuliah hingga anak SMA waktu beliau sudah berumur 65 tahun. Berikut adalah kesembilan istri Bung Karno yang menemani beliau dalam pasang surut kehidupannya.




1. Oetari Tjokroaminoto

Putri dari pahlawan nasional pemimpin Sarekat Islam, HOS Tjokroaminoto yang juga merupakan guru Soekarno ini, dinikahi soekarno sewaktu masih berumur 16 tahun sementara soekarno sendiri baru berumur 20 tahun. Pernikahan keduanya hanya bertahan seumur jagung, karena Oetari yang masih kekanak-kanakan sementara soekarno sudah terjun kedalam pergerakannya.

2. Inggit Garnasih

Wanita kedua yang menjadi istri soekarno adalah Inggit Garnasih, pada tahun 1921 waktu soekarno kos di bandung, Soekarno baru berusia 20 tahun sedangkan Inggit sudah berusia 31 tahun. Waktu itu Inggit sudah memiliki Suami yaitu, Haji Sanusi akan tetapi semenjak awal Soekarno sudah mengagumi Inggit yang matang dan cantik dan akhirnya pada tahun 1923 Soekarno bisa merebut cinta Inggit dan menikahinya. 20 tahun mengarungi bahtera pernikahan tanpa dikaruniai anak, pada tahun 1943 Soekarno menceraikan Inggit karena tidak mau dimadu.

3. Fatmawati

Dibuang di bengkulu, Soekarno bertemu dengan biduan hati ketiganya, Ibu Negara pertama kita, Fatmawati atau Fatimah. Hubungan dengan Fatmawati membuat pernikahan dengan Inggit harus berakhir, Inggit yang menolak dipoligami memilih untuk pulang ke bandung. Tanggal 1 Juni 1943, Soekarno yang kala itu sudah berusia 41 tahun menikahi Fatmawati yang baru berusia 20 tahun. Pasangan ini dikarunai 5 orang anak, yang mana salah satunya adalah Megawati Soekarnoputri yang kita kenal sebagai Presiden ke empat republik Indonesia.

Soekarno dan Istrinya Fatmawati


4. Hartini

Tahun 1953, 8 tahun sejak kemerdekaan Indonesia, Soekarno meminang Hartini seorang janda beranak lima. Ada dua versi dari awal kisah cinta mereka, ada yang menyebutkan mereka bertemu di Candi Prambanan ada juga yang menyebutkan mereka bertemu pertama kali di rumah dinas Walikota Salatiga. Hartini tetap berstatus sebagai istri Soekarno hingga ajal menjemput Sang Putra Fajar. Dipangkuan Hartinilah, Soekarno menghembuskan nafas terakhirnya.

5. Kartini Manoppo

Kartini Manoppo menikah pada tahun 1959, Kartini adalah wanita dari Bolang Mongondow yang merupakan mantan pramugari Garuda Indonesia, pertama kali Bung Karno mengetahui Kartini Manoppo dari lukisan Basuki Abdullah. Ketika melihat lukisan tersebut, Bung Karno terpesona dan dari situlah di mulai hubungan antara mereka berdua, awalnya Bung Karno meminta Kartini untuk iktu terbang setiap kali sang Presiden melakukan kunjungan luar negeri. Akhirnya pada penghujung tahun 1959 pasangan ini menikah, dan pada tahun 1967 keduanya dikaruniai seorang putra bernama Totok Suryawan Sukarno.

6. Ratna Sari Dewi

Wanita dari Jepang yang bernama asli Naoko Nemoto ini baru berusia 19 tahun ketika dipinang oleh Soekarno. Ketika menikah dengan Soekarno pada 1962, Naoko merubah namanya menjadi Ratna Sari Dewi Soekarno. Dari pernikahannya ini beliau dikaruniai seorang anak bernama Kartika Sari Dewi Soekarno. Setelah Soekarno turun dari tahtanya, Ratna Sari Dewi menetap diberbagai negara seperti Swiss, Prancis dan Amerika Serikat. Ada beberapa kontroversi yang ditimbulkan oleh Ratna Sari Dewi seperti perkelahian dengan Minnie Osmena cucu mantan presiden Filipina Sergio Osmena tetapi yang berdampak langsung terhadap masyarakat Indonesia adalah peluncuran buku fotografi di Jepang yang menampilkan foto Ratna Sari Dewi separuh telanjang dan tato ditubuhnya. Hal ini dianggap banyak masyarakat Indonesia sebagai pelecehan terhadap nama Soekarno dan warisannya.

7. Haryati

Haryati adalah seorang penari Istana yang baru berusia 23 tahun ketika dipinang menjadi istri Soekarno, sementara Soekarno sendiri sudah berusia 62 tahun waktu itu. Kisah cinta Soekarno dan Haryati hanya berlangsung singkat, 3 tahun usia perkawinan mereka tanpa menghasilkan anak, Soekarno menceraikan Haryati karena beralasan sudah tidak ada kecocokan diantara mereka berdua.

8. Yurike Sanger

Pertemuan pertama bung karno dengan Yurike yang waktu itu masih duduk di bangku SMP ketika Yurike mengikuti Barisan Bhinneka Tunggal Ika. Seiring dengan intensintas pertemuan keduanya, benih-benih cinta mulai tumbuh, mulai dari duduk bersebelahan hingga mengantarkan Yurike pulang kerumahnya.Setelah menjalin hubungan selama beberapa waktu, pada tahun 1964 Bung Karno pun mempersunting Yurike untuk menjadi Istrinya, seorang remaja yang baru menginjak kelas 2 di SMA menjadi Istri seorang Presiden. Tapi tak selamanya hubungan keduanya di naungi langit cerah, kekuasaan Soekarno pudar, puncaknya tahun 1968 setahun setelah pemakzulan Bung Karno, dengan keadaan keuangan yang tidak menentu, Bung Karno meminta Yurike untuk mengajukan cerai, karena Yurike sendiri masih muda dan Bung Karno menganggap lebih baik seperti itu daripada mereka bersama.

9. Heldy Djafar

Heldy Djafar, gadis asal Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur ini dinikahi oleh Bung Karno ketika masih berusia 18 tahun, padahal waktu itu usia Bung Karno sudah menginjak 65 Tahun. Keduanya menikah pada tahun 1966 disaat kekuasaan soekarno sudah mulai tenggelam, pernikahan keduanya ternyata hanya bertahan selama 2 tahun, Soekarno diasingkan di Wisma Yaso, sehingga komunikasi diantara keduanya pun semakin terhambat dan hubungan yang ada pun semakin merenggang. Akhirnya pada pertengahan tahun 1968 Heldy menikah lagi dengan seorang pria bernama Gusti Suriansyah Noor.

 (Credit : id kaskus Mahasiswapetra)

Saturday, August 26, 2017

Ustadz Wijayanto, Asma Nadia Mendukung Poligami


Diskusi dengan topik Poligami ini dibawakan dengan santai di acara Cerita Hati Kompas TV. Acara yang dipandu oleh Desi Ratnasari ini, menghadirkan Ustadz Wijayanto, penulis Asma Nadia, dan artis Nia Paramitha.

Ustadz Wijayanto : "Poin penting dari poligami adalah untuk mebahagiakan bukan untuk mensejahterakan".

Disajikan dalam 5 bagian Video. Seperti Biasa, silahkan disimak. Mudah mudahan ada hikmah yang bisa diambil. Anda boleh setuju atau tidak setuju. Berikan Komentar Anda di kolom komentar. Share juga di medsosnya.